Jumat, 29 Juni 2012

Rahmad Satria : Pramuka Harus Menarik dan Menyenangkan

H.Rahmad Satria,SH.MH
Suara tepuk tangan para peserta Gladian Pimpinan Satuan (DIANPINSAT ) seketika membahana di salah satu pendopo komplek wisata pulau temajo pada selasa malam, 19 Juni 2012.Sembari melambaikan tangan, Ketua Kwartir Cabang Kab.Pontianak, H.Rahmad Satria,SH.MH, memasuki ruang pendopo yang berukuran sekira 6 X 8 Meter tersebut.

Sedikit cerita mengenai perjalanan kehidupan dan karir beliau menjadi pengantar pada Jam pimpinan dalam Kegiatan Dianpinsat Kab.Pontianak 2012. Gelegar suara tawa para peserta mendadak memenuhi seluruh ruang pendopo ketika Kak Kwarcab melemparkan sedikit lelucon kepada para peserta.

" Pramuka seperti inilah yang saya harapkan, Rajin,terampil dan gembira. Siapa yang selama di Pramuka yang tidak pernah merasakan Kegembiraan ?" Ungkap kak Rahmad. Serentak para pesertapun menggelengkan kepala. Dialog bersama para pesertapun dimulai, beberapa peserta mulai mengajukan pertanyaan yang intinya adalah mengacu pada semakin rendahnya minat para pemuda untuk bergabung kedalam Organisasi yang telah memiliki Undang-undang tersebut. " Semakin menurunnya minat para pemuda khususnya di Kab.Pontianak, tentunya menjadi sebuah keprihatinan kita bersama,  Bagaimana bisa Pramuka yang kita kenal sebagai sebuah alat bagi Negara untuk menciptakan Generasi muda yang berbudi pekerti luhur, dapat terwujud jika para pemuda seakan merasa alergi terhadap Pramuka itu sendiri ? " Lugas Kak Rahmad. 

" Untuk menarik minat para pemuda agar mau untuk ikut bergabung dalam Pramuka,  perlu disusun sebuah Program yang menarik dan menyenangkan dan tentunya mengandung nilai-nilai pendidikan. Pramuka tidak hanya melatih Fisik para pesertanya saja, akan tetapi secara psikologis para peserta juga perlu dilatih agar tujuan Pramuka dapat tercapai. Bagaimana Para pemuda akan mau ikut bergabung, jika hanya disuguhkan dengan kegiatan-kegiatan yang itu-itu saja. Perlu ada sebuah inovasi, dan tentunya harus menarik dan menyenangkan".Ungkapnya.

Pelaksanaan Kegiatan Gladian Pimpinan satuan Tingkat Cabang Kab.Pontianak tahun 2012 yang mengambil lokasi di Kompleks Wisata Pulau Temajo Kec.Sungai Kunyit Kab.Pontianak merupakan Sebuah langkah nyata dari Kwartir Cabang Kabupaten Pontianak bersama Dewan Kerja Cabang (DKC) Kab.Pontianak untuk mewujudkan sebuah kegiatan Pramuka yang Menarik dan Menyenangkan.

Kegiatan ini dikatakan menarik karena dikemas dalam sebuah metode Gladian (Pelatihan ) yang berisikan materi-materi tentang Kepemimpinan dan pelaksanaannya, dan Disebut menyenangkan karena kegiatan ini dilaksanakan di Sebuah lokasi Wisata yang terkenal dengan pemandangan alam yang eksotis, sehingga peserta tidak akan merasakan kejenuhan selama mengikuti kegiatan. (Rudy, 01 DKC Kab.Pontianak )

0 comments:

Posting Komentar