Minggu, 24 Juni 2012

Liputan Khusus : DIANPINSAT Kab.Pontianak 2012



Selasa pagi, 19 Juni 2012 Sekretariat Kwartir Cabang Kab.Pontianak tampak ramai oleh Para Pramuka Penegak dan Pandega yang siap menunggu keberangkatan menuju Pulau temajo yang merupakan lokasi Pelaksanaan Kegiatan Gladian PimpinanSatuan (Dianpinsat) Kwartir Cabang Kab.Pontianak tahun 2012.
Sekitar 90 peserta yang turut ambil bagian dalam Kegiatan ini berasal dari Tujuh dari sembilan Kwartrir ranting yang ada di Kab.Pontianak, Yaitu : Kwarran Segedong,Anjungan,Sadaniang,Toho,Mempawah Timur,Mempawah Hilir dan Kwarran Sungai Kunyit.
Setelah mendapat pengarahan dari Ketua DKC Kab.Pontianak, Rudy Costa, tepat pukul 08.00 WIB Peserta berangkat dengan menggunakan mobil Dalmas Polres Pontianak menuju Dermaga Sungai Kunyit untuk selanjutnya mengarungi samudra menuju Pulau Temajo yang terkenal Eksotis. Deburan ombak seakan menyambut kedatangan peserta di Pagi itu. Dengan menggunakan perahu Motor milik Nelayan setempat, peserta berangkat menuju lokasi kegiatan.
Perjalanan menuju pulau terasa begitu menyenangkan, rombongan sangga kerja dan peserta seakan dimanjakan dengan suguhan pemandangan yang begitu indah, hingga tanpa terasa setelah menempuh perjalanan sekitar 1 jam, peserta tiba dilokasi tujuan.
Perasaan lelah selama perjalanan seakan hilang ketika melihat hamparan karang dan riak air yang begitu jernih disekitar pulau. Deretan pohon kelapa yang tersusun rapi seakan turut bersukacita menyambut kedatangan rombongan...
Perlengkapanpun segera diturunkan, para peserta bergegas mendirikan tenda di areal sekitar pantai.

Tepat pukul 15.00 Wib, kegiatan Dianpinsat Kab.Pontianak 2012 secara resmi dibuka oleh Ketua Pusdiklatcab Kab.Pontianak, Kak Mudjiono yang didampingi oleh Tim Pelatih Kab.Pontianak beserta Sangga kerja dari Dewan Kerja Cabang(DKC) Kab.Pontianak. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para peserta yang telah ikut berpartisipasi dalam Kegiatan ini. Beliau juga berharap, agar dengan terlaksananya kegiatan ini, dapat terbentuk karakter-karakter pemimpin dalam diri peserta sehingga dapat diandalkan dimasa mendatang.

Pada malam harinya, para peserta mendapatkan kesempatan untuk beramah tamah bersama Ketua Kwartir Cabang Kab.Pontianak H.Rahmad Satria,SH.MH, yang juga turut hadir selama pelaksanaan kegiatan. Beliau juga berbagi pengalaman kepada para peserta bagaimana agar dapat menjadi seorang pemimpin yang handal dan bijaksana dalam pengambilan keputusan. Para peserta tampak sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada Kak Kwarcab.
Tim pelatih yang terdiri dari Pusdiklatcab Kab.Pontianak juga tampak sangat bersemangat dalam menyampaikan setiap materi mulai dari pagi hari hingga sore hari. Materi - materi yang disampaikan antara lain : Admnistrasi, Perencanaan dan pelaksanaan kegiatan, tipe-tipe kepemiminan, makanan bergizi, motivasi,Pola dan mekanisme pembinaan pramuka Penegak dan Pandega, Manajerial dan out Bond yang dikemas begitu menarik dan menantang.

Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan agar Para peserta dapat semakin melatih dan mengembangkan bakat kepemimpinan baik dalam diri pribadi dan satuan mereka masing-masing. Jiwa kepemimpinan merupakan hal yang mutlak harus dimiliki  oleh setiap anggota Gerakan Pramuka. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini pula diharapkan agar Gerakan Pramuka di Kab.Pontianak dapat semakin diminati dan menarik minat para kaum muda agar tidak terjerumus dalam hal-hal yang negatif yang justru akan merugikan diri mereka masing-masing. Jayalah Pramuka, Jayalah Indonesia. Scout today, Leader tomorrow. Salam Pramuka. (Rudy Costa (01 DKC Kab.Pontianak)
Berikut dokumentasi kegiatan Dianpinsat Kab.Pontianak 2012 :



Jam Pimpinan : Satu jam Bersama Ka.Kwarcab


Perjalanan menuju Temajo Island


Pemasangan tanda peserta oleh Ka.Pusdiklatcab


Briefing/penjelasan kegiatan





Ka.Kwarcab & DKC Kab.Pontianak

0 comments:

Posting Komentar