Selasa, 28 April 2015

Ketua Kwarcab Mempawah Buka Jambore Ranting Siantan

Tiga Kontingen Kwartir Ranting Ikut Ambil Bagian
Ka. Kwarcab Mempawah Membuka Kegiatan Jamran Siantan
Eksistensi dan semangat Gerakan Pramuka di Kab. Mempawahterus menggeliat. Itu terlihat saat pelaksanaan Jambore Ranting (Jamran) yang dilaksanakan Kwartir Ranting Kecamatan Siantan, di Bumi Perkemahan Dharma Bakti Jungkat, 16-19 April. Kegiatan yang diikuti 300-an anggota pramuka penggalang ini dibuka Ketua Kwarcab Kabupaten Mempawah, H Rahmad Satria, SH, MH.

Dalam sambutannya, Rahmad Satria, menjelaskan jambore ini merupakan bagian dari pesta pramuka di tingkat penggalang. Selain jamran, juga ada jambore cabang di tingkat kabupaten, jambore daerah tingkat provinsi dan paling tinggi jambore nasional.

“Khusus jambore ranting ini sangat penting, karena untuk menyongsong jambore yang lebih tinggi, termasuk untuk syarat meraih Syarat Kecakapan Umum, Syarat Kecakapan Khusus, dan Pramuka Garuda,” jelas dia.


Berbicara soal jambore ranting dan kegiatan pramuka lainnya, diungkapkan Rahmad, merupakan satu diantara bentuk kegiatan positif dalam membentuk watak dan akhlak generasi muda. “Generasi muda yang aktif mengikuti pramuka pasti akan memiliki kemampuan, intelektual, dan dispilin yang tinggi dibanding mereka yang tidak mengikuti pramuka,” ujarnya.

Terkait jambore ranting yang kali kedua dilaksanakan di Kecamatan Siantan, diharapkan Rahmad Satria, dimanfaatkan peserta untuk meningkatkan kemampuan diri, kemandirian, dan keterampilan agar menjadi figur yang handal dan bisa membangun bangsa. “Tak kalah pentingnya, kegiatan ini bisa menjadi momen menjalin silaturahmi dan kebersamaan diantara sesama rekan pramuka dan masyarakat,” ucapnya.

Sebelumnya Ketua Kwartir Ranting Kecamatan Siantan, Dede Kurniawan, S.Sos, dalam laporannya mengatakan, jambore ranting diikuti peserta dari Kwartir Ranting Siantan, Segedong dan Sungai Pinyuh. Selama pelaksanaannya, para peserta mengikuti sejumlah kegiatan, diantaranya karnaval, forum penggalang, pentas seni dan budaya, LKBB, senam pramuka, pengenalan cinta alam, api unggun dan pawai obor, apel tenda, anjangsana, dan bakti sosial.

“Jambore ranting ini diselenggarakan untuk menumbuhkan rasa kebangsaan yang ber-Bhineka Tunggal Ika, serta berupaya mewujudkan manusia Indonesia yang memiliki kualitas keimanan dan ketakwaan, kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta berjiwa Pancasila,” ucapnya. (Rdy/fsa)
Pemasangan Tanda Peserta Oleh Ka. Kwarcab Mempawah

Ka. Kwarcab Mempawah Berdiskusi dengan peserta Jamran

Ka. Kwarcab foto bersama kontingen dari Kwartir Ranting Sungai Pinyuh

0 comments:

Posting Komentar