Sabtu, 06 September 2014

KWARCAB MEMPAWAH BUKA REKRUTMEN ANGGOTA SATGAS PRAMUKA PEDULI

Gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan yang selama ini telah melakukan kegiatan bhakti masyrakat ( comunity service ) dan pembangunan masyarakat ( comunity development ) sebagaiwujud dari pengalaman Satya dan Darma Pramuka, terpanggil untuk bersama - sama masyarakat dan pemerintah mengembangan upaya pengembangan sumber daya menusia, penenggulangan bencana, dan pelestarian lingkungan hidup, melalui proram pramuka peduli dengan pendekatan Tri Bina yakni Bina Diri, Bina Satuan dan Bina Masyarakat

Upaya mengembangkan diri baik subyek, maupun obyek pembanguan. Yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan bagi anggota Gerakan Pramuka, telah diluncurkan program pramuka peduli yang dilaksankan sjak tahun 2002.


 Program dimaksud untuk lebih memberikan arah kepada anggota Gerakan Pramuka agar lebih peduli terhadap lingkungan masyarakat yang pada saat ini sedang mengalami musibah dan bencana. serta tantangan yang akan diadapi oleh bangsa Indonesia di masa depan.

Dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kab.Mempawah akan melaksanakan proses rekrutmen anggota Pramuka yang siap bergabung sebagai relawan Pramuka Peduli Kwarcab Mempawah. Hal ini disampaikan oleh Ketua Kwartir Cabang Mempawah, H.Rahmad Satria,SH.MH.  ketika ditemui diruang kerjanya baru-baru ini.

Ka. Kwarcab mengungkapkan bahwa Pramuka Peduli adalah wadah untuk mewujudkan aksi Pramuka sebagai bakti Pramuka, yang bersama-sama dengan masyarakat, Pemerintah, Pemerintah Daerah serta Lembaga Swadaya dan organisasi Masyarakat lainnya terintegrasi dan dikoordinasikan oleh Gerakan Pramuka untuk mengembangkan kegiatan penanggulangan bencana dan berbagai kegiatan sosial yang nantinya diharapkan dapat semakin mendekatkan Pramuka dengan masyarakat. 

Kedepan, dengan terbentuknya Kepengurusan Pramuka Peduli di Kwarcab mempawah diharapkan dapat semakin meningkatkan peran serta Gerakan Pramuka dalam memberikan informasi dan peringatan dini terhadap kemungkinan-kemungkinan terjadinya bencana serta dapat meminimalisir timbulnya korban jiwa maupun materi melalui langkah-langkah antisipatif sesuai dengan SOP yang telah ditentukan.

Perekrutan anggota Pramuka Peduli Kwarcab mempawah akan dilaksanakan mulai tanggal 8 September s.d 8 Oktober 2014. Bagi para anggota Pramuka yang berminat untuk bergabung dapat langsung mendaftarkan diri di Sekretariat Kwarcab Mempawah, Jl.Raden Kusno, Mempawah pada setiap jam kerja.

Peserta yang dinyatakan lulus seleksi akan diberikan pelatihan oleh tenaga ahli dan diharapkan dapat berperan secara maksimal sesuai dengan peran dan tugasnya masing-masing. (Rudy)

Se

0 comments:

Posting Komentar