Rabu, 27 Agustus 2014

KWARCAB MEMPAWAH LAUNCHING BUKU PANDUAN KURSUS

Ka.Kwarcab Mempawah ( tengah )menyerahkan Buku Panduan Kursus
Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kab. Mempawah (Kwarcab Mempawah) kembali meluncurkan buku Panduan Kursus yang diserahkan langsung oleh Ketua Kwarcab Mempawah H.Rahmad Satria,SH.MH Kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab.Mempawah yang diwakili oleh Kepala Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI), Ikhwanto,S.AP. 


Acara peluncuran tersebut berlangsung pada minggu malam tanggal 24 Agustus 2014 di Sekretariat Kwarcab Mempawah yang dirangkaikan dengan penutupan rangkaian kegiatan peringatan hari Pramuka ke-53 Kab.Mempawah. Adapun Buku yang dilaunching yaitu : Buku Panduan KML Golongan Siaga,Penggalang dan Penegak/Pandega serta Buku Panduan Kursus Pengelola Gugus Depan.
Ka.Kwarcab Mempawah H.Rahmad Satria,SH.MH Menyampaikan Sambutan

Ketua Kwarcab Mempawah, H.Rahmad Satria,SH.MH dalam sambutannya mengungkapkan bahwa peluncuran Buku Panduan Kursus tersebut merupakan bentuk tindak lanjut dari kerja sama antara Kwarcab Mempawah dengan Disdikpora Kab.Mempawah yang telah tersinergi dalam beberapa tahun terakhir khususnya dalam pelaksanaan Kursus Kepramukaan .

Dalam Kurikulum Tahun 2013, Kegiatan Ekskul Pramuka akan menjadi kegiatan Ekskul wajib  bagi Para peserta didik di sekolah dasar dan menengah. Ada penambahan waktu dalam kurikulum baru dari 26 jam menjadi 30 jam seminggu. Pramuka wajib disetiap sekolah, dan melalui Pramuka NKRI akan terjaga secara utuh. Untuk itu, selain menciptakan para Generasi muda yang berkarakter kita juga perlu menciptakan pembina-pembina yang handal dan salah satu cara yang  kita lakukan adalah dengan melaksanakan Kursus-Kursus Kepramukaan bagi para Guru di wilayah Kab.Mempawah Khususnya.
Ka.Kwarcab Mempawah Membuka KMD Angkatan II Tahun 2014

Pada Tahun 2014, Kwarcab Mempawah bekerja sama dengan Disdikpora Kab. Mempawah telah melaksanakan Kursus Mahir Dasar (KMD) Bagi para Guru pada Sembilan Kecamatan yaitu, Kec.Mempawah Hilir, Mempawah Timur, Sungai Kunyit, Toho, Anjongan, Sadaniang, Sungai Pinyuh Segedong dan Kec.Siantan yang terbagi dalam 3 (Tiga) Rayon yang masing-masing diikuti oleh tiga Kecamatan.

Selain itu, pada Bulan September 2014, Kwarcab Mempawah bekerja sama dengan  Disdikpora Kab.Mempawah dan Kwartir Daerah Kalimantan Barat akan melaksanakan Kursus Pelatih Dasar (KPD) bagi 25 orang pembina yang dinyatakan layak untuk mengikuti KPD.

Dengan terlaksananya Program tersebut, diharapkan Pramuka di Kab.Mempawah semakin maju dan berhasil menciptakan Generasi muda yang memiliki jiwa Nasionalis dan Patriotisme serta berbudi Pekerti Luhur sesuai dengan cita-cita Gerakan Pramuka. (Rudy)


0 comments:

Posting Komentar