Jumat, 02 November 2012

Lestarikan Warisan Sejarah, Pramuka Kab.Pontianak Pugar Monumen PRANSAKA DAERAH 1989

Monumen Prsansaka Daerah 89 (Foto: Istimewa)
Mempawah, 3 November 2012,
Gerakan Pramuka telah sejak lama Eksis di Kab.Pontianak, berbagai kegiatan Kepramukaan baik tingkat daerah maupun tingkat Nasional pernah dilaksanakan di Kabupaten yang terletak diwilayah pesisir Kalimantan Barat tersebut, yang tentunya menyisakan banyak kenangan dan takkan terhapus dari sejarah perjalanan Gerakan Pramuka di Kabupaten yang dikenal dengan Bumi Galaherang tersebut.

Menilik perjalanan Gerakan Pramuka di Kab.Pontianak, tentunya begitu banyak kesan yang kita rasakan, salah satunya adalah Peransaka Daerah Tahun 1989, yang dilaksanakan di Bumi perkemahan Anjungan. Kegiatan ini tidak hanya sebuah kegiatan perkemahan Antar Saka semata, Namun juga merupakan ajang adu Kreatifitas bagi para anggota Gerakan Pramuka yang mewakili setiap Satuan Karya Pramuka (Saka) pada masa itu.

Proses Pemugaran Monumen Pransakan 89
Gegap gempita kegiatan yang berlevel Daerah tersebut tidak hanya dirasakan pada saat pelaksanaan, akan tetapi hingga saat ini Kemeriahan Even Daerah tersebut masih sangat terasa dengan adanya Sebuah Monumen yang didikrikan untuk mengenang pelaksanaan Kegiatan tersebut.

Untuk menjaga Warisan sejarah Gerakan Pramuka tersebut, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka, H.Rahmad Satria, SH.MH, Menginstruksikan Kepada Pramuka Peduli Kab.Pontianak untuk Melakukan pemugaran terhadap Monumen Pransaka Daerah Yang terletak di Simpang tiga Pasar Anjungan, Kecamatan Anjungan.

" Monumen ini merupakan sebuah warisan sejarah Perjalanan Gerakan Pramuka di Kab.Pontianak, kita tidak ingin warisan sejarah ini lenyap ditelan waktu. Saya ingin Monumen tersebut tetap berdiri tegak mengiringi perjalanan Gerakan Pramuka di Kab.Pontianak ", Ungkap Kak Kwarcab.



Pemugaran terhadap Monumen tersebut telah rampung diaksanakan, dan keindahannya dapat kembali dinikmati oleh Para Anggota Pramuka saat ini dan oleh masyarakat pada umumnya sebagai pertanda bahwa Gerakan Pramuka Tetap Eksis di Kab.Pontianak. (Rudy)

0 comments:

Posting Komentar