Minggu, 08 Januari 2012

Tri Satya Pramuka Sangat Berkaitan Dengan Bela Negara

Peserta Pelayaran dan Perkemahan Bakti Saka Bahari Tingkat Nasional disingkat Pertinas Saka Bahari 2011 selama di Kota Balikpapan mendapat ceramah umum dari Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. Acara yang berlangsung tanggal 3 Januari 2012 di Gedung Pertamina tersebut menghadirkan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan, Marsdya TNI Eris Herryanto, MA.
Menurut Sekjen Kemenhan, Tri Satya dalam Gerakan Pramuka pada dasarnya berkaitan erat dengan Bela Negara. “Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia” dan mengamalkan Pancasila”.
“Kalimat yang sering diucapkan oleh seluruh anggota Gerakan Pramuka tidak perlu disangsikan lagi akan keabsahan bahwa setiap anggota Gerakan Pramuka memiliki jiwa bela Negara”, tegas Kak Eris.
Sambil bertanya apa kehormatan seorang Pramuka, kehormatan Pramuka adalah Pramuka itu dapat dipercaya sebagaimana yang tercantum dalam Dasa Darma pada butir 9, yaitu Pramuka itu bertanggung jawab dan dapat dipercaya, ujar Kak Eris
Kak Eris Herryanto yang juga Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana itu berpesan kepada seluruh anggota Gerakan Pramuka diseluruh tanah air agar Tri Satya dan Dasa Darma adalah jiwa Gerakan Pramuka hendaknya jangan hanya dihapal, tapi hendaknya difahami dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
Di depan para peserta Pelayaran dan Pertinas Saka Bahari 2011 Sekjen Kemenhan menjelaskan bahwa ada lima unsur utama dalam Bela Negara, yaitu cinta tanah air; kesadaran berbangsa dan bernegara; menyakini Pancasila sebagai ideology dan dasar Negara; rela berkorban; dan memiliki kemampuan awal Bela Negara.
Hadir dalam acara ceramah umum itu selain para peserta pelayaran dan Pertinas Saka Bahari 2011 juga hadir Walikota Balikpapan, H.M. Rizal Effendi, Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, dr. Amoroso Katamsi, Ketua Pimpinan Saka Bahari Tingkat Nasional, Laksamana Pertama TNI Kingkin Suroso, Komandan Satgas Pelayaran dan Pertinas Saka Bahari, Kolonel TNI Muhammad Faisal, S.E, M.M, serta Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalimantan Timur, M. Hatta beserta para pengurusnya.
Ceramah menjadi ramai dan menarik ketika penceramah membuka kesempatan untuk dialog. Sedikit menggelitik dan memanaskan kuping akan tetapi semua peserta berkeinginan bahwa bangsa Indonesia harus berdiri tegak dan tegas atas gangguan yang coba-coba mengganggu republik tercinta, Indonesia. (Sumber : Kwarnas.or.id, Repost By: Rudy Costa)

0 comments:

Posting Komentar